Senin, 25 April 2016

Inilah Pizza Andaliman, Kuliner Baru Khas Toba Samosir

Makanan Khas Italia - Dengan tampak bentuk dan hiasan atau bahan pelengkap dan hiasannya memang sama persis dengan pizza pada umumnya. Ada sosis, sayuran seperti tomat dan ditaburi keju. Tapi rasa beda jauh, karena pizza andaliman diolah dengan rempah khas bumbu masak suku Batak, yakni andaliman. Rempah andaliman yang digiling halus, kemudian irisan serai, potongan wartel, bungal kol, kacang panjang dan daun bawang, menjadi bahan utamanya. Kemudian potongan sosis, irisan halus keju serta potongan tomat menjadi penghias atau pelengkap di bagian atas pizza.


Tentu saja masakan italia Pizza unik ini dibuat dengan tepung terigu yang sehat, dan menggunakan topping sayur-sayuran yang mudah di dapatkan di pasar tradisional Balige. Berbeda dengan pizza ala Italia yang kebanyakan topping sayurannya yang berasal dari sayur impor dan sulit ditemukan di pasar.

Yakni Andaliman sendiri menjadi bumbu masak paling mudah dicari jika anda ke kota Balige. Pasalnya, bumbu ini digunakan sebagai penyedap masakan suku Batak. Masakan khas Batak seperti arsik dan saksang memerlukan andaliman sebagai bumbu yang tak tergantikan.

Source : http://halomuda.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar