Kamis, 07 April 2016

Inilah Es Durian Warisan Incek Sinyo

Kuliner Padang - Buah Durian? Hmm... aromanya yang wangi menusuk bikin ngiler buat penggemarnya. Apalagi di saat udara panas, semangkuk es durian bakal jadi pelepas dahaga yang ampuh. Es durian yang ini sudah diracik dengan resep warisan 50 tahun. Lembut, manis, harum dan dingin! Slruup... onde taraso lamaknyo!


Tentu saat melintasi kawasan Padang Panjang, mulai tampak beberapa penjaja durian di sepanjang jalan. Di bulan Okober sampai Februari biasanya merupakan musim durian. Durian yang dipetik dari kebun petani ini umumnya masak pohon. Bentuknya tak terlalu besar tetapi aromanya tajam.

Memang benar kulit durian Sumatra berwarna kuning hingga kecokelatan. Durinya rapat, runcing dan agak halus. Sedangkan dagingnya cukup tebal dengan warna putih agak sedikit kecokelatan. Rasanya manis legit yang kuat dengan rasa sedikit pahit di ujung lidah. Aroma wanginya yang kuat menjadi ciri khas yang unik.

Singgah di kota Padang, selain nasi kapau yang wajib dicoba adalah es durian. Tapi jangan salah mampir karena saat berkeliling kota Padang. Yang legendaris adalah tempat wisata kuliner padang paling enak es durian 'Ganti Nan Lamo'. Durian lokal dari Sijunjung dan Tanah Datar yang populer enaknya juga sering diolah menjadi es durian ini.

Tentu Es durian 'Ganti Nan Lamo' merupakan es durian legendaris yang ada di kota Padang. Es ini, seperti yang tertulis di lembaran menu, merupakan warisan Incek Sinyo. Mulai berjualan pada tahun 1960 hingga sekarang dilanjuntukan secara turun temurun oleh keluarganya hingga generasi ketiga.

Source : http://halomuda.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar