Jumat, 08 April 2016

Enaknya Kuliner Mie Aceh, antara isu ganja, hikmah tsunami dan GAM

Kuliner Aceh - Dikarenakan aku sekian banyak kali ke kota Banda Aceh sejak liputan tsunami kepada akhir 2004, dan aku tak mau sempat melupakan kalimat mula-mula satu orang rekan di kota itu yang berbicara "jangan lupa menyantap mie Aceh". Kadang pilih kuliner aceh paling populer mie Aceh model tumis atau goreng, tapi aku terlanjur jatuh cinta mie Aceh rebus – yang menunya tak susah ditemukan di beragam hunian makan atau kedai di sudut-sudut kota itu. dan ini konsisten berulang tiap-tiap ke Banda Aceh.


dan pasti itu telah biasa, sebab kepada musim itu belum ada ribut-ribut soal larangan (ganja). Jika Kamu ke dapur, ada botol biji ganja itu biasa saja. Tak ada yang aneh. dan setelah itu, mampu ditebak. Riwayat aku bersentuhan serentak dengan makanan campuran peradaban kuliner Cina, India dan Arab itu, menciptakan lidah aku terlanjur mengakrabi mie Aceh.

Hingga sampai di Jakarta, aku pula dihadapkan pertanyaan klise yang serta tidak jarang diutarakan para pengelana yang baru pulang dari perjalanan jauh : "Di manakah aku mendapati makanan tradisional dari lokasi yang sempat aku jenguk?"

Sumber : http://halomuda.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar