Selasa, 21 Juni 2016

Inilah Perkiraan Berdirinya Candi Sambisari

Wisata Jogja - Ada sebuah Candi Sambisari belum dapat dipastikan waktu pembangunannya. Pasalnya, berdasarkan penelitian yang dilakukan ahli arkeologi, ahli sejarah, maupun tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DI Yogyakarta, tidak ada kepastian tertulis kapan bangunan ini didirikan.


Akan tetapi, berdasarkan data dari catatan candi-candi di BPCB, ada beberapa perkiraan untuk menentukan waktu pendiriannya. Pertama, berdasarkan pengamatan segi arsitektur bangunan. Arkeolog R Soekmono menggolongkan Candi Sambisari ke dalam bangunan yang didirikan pada abad 8 masehi. Kedua, berdasarkan komponen batu bangunannya. Ahli sejarah Soediman menyatakan bahwa Candi Sambisari diperkirakan dibangun pada abad 9 masehi atau sezaman pada Candi Prambanan.

Dan ketiga, ada pula pengamatan lempengan emas yang ditemukan di tempat wisata di yogyakarta ini komplek candi tersebut. Perkiraan ini menggunakan tafsiran paleografis yang dilakukan oleh Boechari. Diperkirakan, bangunan candi berdiri pada abad 9 masehi. Di dalam lempengan tersebut terdapat tulisan "Om Siwa Sthana", yang artinya "Hormat, pembuatan rumah bagi dewa siwa."

Referensi : http://halomuda.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar